Tips Agar Beras Tidak Berkutu

Untuk persediaan beberapa minggu kedepan biasanya kita menyimpan beras dalam jumlah agak banyak.  Namun kadang persediaan beras kita tidak bisa luput dari serangan kutu, meskipun kita sudah menyimpannya didalam kotak khusus penyimpanan beras. Namun anda tak perlu khawatir serangan kutu yang bisa mengurangi kualitas beras ini bisa anda atasi denagan beberapa cara berikut ini.  

  • Simpan beras yang sudah dicampuri 2-3 tangkai daun asam jawa yang telah dibersihkan atau dikeringkan ke dalam tempat penyimpanan beras anda. Jangan lupa untuk sesekali membuka tempat penyimpanan beras anda agar udara tidak pengap dan beras tidak berbau apek.
  • Campurkan setiap 10 kilogram beras dengan 50 gram daun jeruk purut yang sudah di tumbuk. Dengan daun jeruk purut beras anda akan terbebas dari bau apek.
  • Masukkan 2-3 tangkai daun belimbing wuluh yang sudah dibersihkan dan dikeringkan ke dalam wadah penyimpanan beras. Karena daun belimbing wuluh ini juga mampu sebagai penangkal kutu pada beras.
  • Masukkan 1-3 buah cabai kering ke dalam tempat penyimpanan beras. Kutu akan takut terhadap bau menyengat yang ditimbulkan oleh cabai. Jangan lupa tutup kotak penyimpan dengan rapat, dan simpan di tempat kering dan sejuk.
  • Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan memasukkan beberapa batang lada kering kedalam kotak penyimpanan beras anda. Cara ini juga mampu mengatasi kutu pada beras anda.

Kami harap beras anda masih tetap bagus setelah menerapkan salah satu cara diatas. Jika anda memiliki tips yang lain? Silakan beritahu kami melalui komentar dibawah.

Ingin mencari resep-resep yang menggunakan beras? Cek resep-resep berikut ini di DapurMasak! Selamat memasak kembali!

blog comments powered by Disqus